Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya - Hi, sahabat JPM PAY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Pemasaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya
link : Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya
Anda sekarang membaca artikel Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya dengan alamat link https://jpmpay.blogspot.com/2019/01/ini-pengertian-distribusi-berikut.html
Judul : Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya
link : Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya
Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya
Apa itu distribusi? bagi kita yang
bergelut di bidang ekonomi ataupun pemasaran tentu sudah tidak asing lagi dengan arti distribusi ini, karena memang distribusi merupakan faktor penting di dalam kegiatan ekonomi yang menghubungkan antara produsen dan juga
konsumen.
Tapi jika di tanya apa pengertian distribusi tersebut tentu kita bisa menjabarkan secara jelas dan gamblang, apalgi jika memang pertanyaan tersebut merupakan suatu tugas kuliah
ataupun sekolah.
Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin meberikan sedikit penjelasan tentang pengertian distribusi berikut tujuan, jenis, faktor, saluran mata rantai beserta contoh dari
distribusi itu sendiri.
/>
class="tr_bq">Artikel terkait : href="https://www.tresna.me/2018/04/cara-mempromosikan-produk.html">Cara mempromosikan produk
/>
/>
/>
class="tr_bq">Artikel terkait : href="https://www.tresna.me/2017/10/manajemen-pemasaran.html">Pengertian manajemen pemasaran
Yang merupakan aktor utama dari mata rantai distribusi dimana mereka menciptakan suatu barang untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang kemudian di salurkan kepada
agen.
Produsen disini bisa perusahaan ataupun perseorangan seperti petani misalnya, juga bisa dikatakan sebagai produsen, karena mereka menghasilkan sayur sayuran dari yang mereka
tanam sendiri, yang kemudian mereka jual kepada pengepul ataupun langsung kepada konsumen.
/>2. Agen
Adalah perusahaan ataupun
perorangan yang menjadi penyalur barang dari produsen ke pedagang, dimana keuntungan yang mereka dapat bisa berupa komisi dari pihak produsen ataupun markup harga yang tidak terlalu besar namun pemasarannya dalam jumlah yang
besar.
3. Pedagang
/>Merupakan pelaku saluran distribusi langsung dengan konsumen dan bebas menentukan harga jual sesuai
dengan keadaan pasar dan keadaan ekonomi dan geografis suatu daerah.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">4. Exportir
Merupkan pelaku distribusi yang menyalurkan barang atau jasa dari dalam negeri ke
luar negeri.
5. Importir
/>Merupakan pelaku saluran distribusi pemasaran yang menyalurkan barang dari luar negeri ke konsumen
dalam negeri.
Demikianlah pembahasan kita tentang pengertian distribusi berikut tujuan faktor dan saluran mata rantainya, semoga bermanfaat.
class="tr_bq">Baca juga : href="https://www.tresna.me/2017/10/cara-promosi-online-yang-salah.html">Cara promosi online yang justru berbahaya bagi kelangsungan bisnis
bergelut di bidang ekonomi ataupun pemasaran tentu sudah tidak asing lagi dengan arti distribusi ini, karena memang distribusi merupakan faktor penting di dalam kegiatan ekonomi yang menghubungkan antara produsen dan juga
konsumen.
Tapi jika di tanya apa pengertian distribusi tersebut tentu kita bisa menjabarkan secara jelas dan gamblang, apalgi jika memang pertanyaan tersebut merupakan suatu tugas kuliah
ataupun sekolah.
Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin meberikan sedikit penjelasan tentang pengertian distribusi berikut tujuan, jenis, faktor, saluran mata rantai beserta contoh dari
distribusi itu sendiri.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Jadi Distribusi Adalah?
Bahasa gampangnya, distribusi adalah suatu proses penyaluran barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen, baik itu secara langsung maupun melalui saluran mata rantai distribusi yang selama ini kita kenal
yakni :
Produsen--> Distributor----> Agen---> Konsumen
Dari bagan di atas dapat kita
lihat secara jelas, bahwa distribusi adalah suatu proses mata rantai pemasaran yang menghubungkan anatara produsen dan konsumen sehingga terciptanya kelancaran suatu bisnis.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
yakni :
Produsen--> Distributor----> Agen---> Konsumen
Dari bagan di atas dapat kita
lihat secara jelas, bahwa distribusi adalah suatu proses mata rantai pemasaran yang menghubungkan anatara produsen dan konsumen sehingga terciptanya kelancaran suatu bisnis.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Jenis Distribusi
Nah, sekarang sahabat sudah paham kan apa itu
distribusi?
distribusi?
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Namun yang perlu sahabat perhatikan disini, distribusi itu ada 2 jenis lho,yakni distribusi secara langsung dan distribusi secara tidak
langsung.
langsung.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">1. Distribusi Tidak Langsung
Contohnya
bisa lihat seperti di bagan yang saya buatkan diatas. Distribusi tidak langsung ini merupakan proses pemasaran yang memerlukan perantara pihak ke 3 dalam proses penyampaian suatu barang ataupun jasa dari produsen ke
konsumen.
bisa lihat seperti di bagan yang saya buatkan diatas. Distribusi tidak langsung ini merupakan proses pemasaran yang memerlukan perantara pihak ke 3 dalam proses penyampaian suatu barang ataupun jasa dari produsen ke
konsumen.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
/>
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Produsen-->
Distributor----> Agen---> Konsumen
Distributor----> Agen---> Konsumen
/>
Sehingga terjadinya rantai kerja sama usaha dalam memasarkan suatu
produk.
produk.
href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL92OIrL7JuLDkQHhJCVay51lIhgpK-HAUv5pJBCkoo9gVP-ATEnfjlYSVqcRKRBkYKOERQFdgqOUwDLFbRsNI7e9RrwnWBKC3UMxtSKEdes7NLmjUVPQfQY14BU74H1XF-kVCwfLN/s1600/arti+distribusi.jpg" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">
alt="Pengertian Distribusi," border="0" data-original-height="300" data-original-width="600"
src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL92OIrL7JuLDkQHhJCVay51lIhgpK-HAUv5pJBCkoo9gVP-ATEnfjlYSVqcRKRBkYKOERQFdgqOUwDLFbRsNI7e9RrwnWBKC3UMxtSKEdes7NLmjUVPQfQY14BU74H1XF-kVCwfLN/s1600/arti+distribusi.jpg" title="Pengertian Distribusi," />
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL92OIrL7JuLDkQHhJCVay51lIhgpK-HAUv5pJBCkoo9gVP-ATEnfjlYSVqcRKRBkYKOERQFdgqOUwDLFbRsNI7e9RrwnWBKC3UMxtSKEdes7NLmjUVPQfQY14BU74H1XF-kVCwfLN/s1600/arti+distribusi.jpg" title="Pengertian Distribusi," />
2. Distribusi Langsung
/>
Nah, seiring href="https://www.tresna.me/2015/09/perkembangan-internet-dari-masa-ke-masa.html">perkembangan internet yang makin pesat di era sekarang ini juga semakin berkembang proses distribusi secara langsung,
dimana pihak produsen tidak membutuhkan pihak ke 3 lagi dalam proses pemasaran produk mereka, karena produsen bisa menjangkau konsumen secara lansung dengan mudah berkat adanya
internet.
dimana pihak produsen tidak membutuhkan pihak ke 3 lagi dalam proses pemasaran produk mereka, karena produsen bisa menjangkau konsumen secara lansung dengan mudah berkat adanya
internet.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Sehingga mata rantainya menjadi Produsen ----> Konsumen
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Contohnya : seperti pabrik konveksi yang menjual produknya secara langsung melalui toko online milik sendiri, sehingga konsumen langsung bisa memesan produk ataupun jasa melalu
pabrik tersebut.
pabrik tersebut.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Namun dalam hal ini Distribusi langsung dan Distribusi tidak langsung ini tetap akan selalu berjalan beriringan tergantung dari faktor
faktor yang mempengaruhinya.
faktor yang mempengaruhinya.
class="tr_bq">Artikel terkait : href="https://www.tresna.me/2018/04/cara-mempromosikan-produk.html">Cara mempromosikan produk
Berikut Faktor Faktor Distribusi
1. Faktor Sarana Dan Prasarana
/>
Terutama dalam hal sarana transportasi dan juga hal hal yang mendukung
seperti jalan yang memadai, maka akan semakin mempermudah pendistribusian barang secara langsung kepada konsumen.
seperti jalan yang memadai, maka akan semakin mempermudah pendistribusian barang secara langsung kepada konsumen.
Jika tidak, maka tentu href="https://www.tresna.me/2017/09/strategi-marketing.html">strategi marketing tidak langsung lebih memungkinkan, dengan menjalin kerja sama dengan salah satu masyarakat setempat untuk bisa
medistribusikan suatu barang.
medistribusikan suatu barang.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">2. Faktor Sifat Dari Suatu Barang
Ada
beberapa barang yang memiliki sifat cepat rusak, dan ada beberapa di antarnya yang bisa bertahan lama, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan dalam pedistribusian barang, dimana yang merupakan barang yang tidak tahan lama
haruslah di distribusikan dengan cepat dan tepat waktu.
beberapa barang yang memiliki sifat cepat rusak, dan ada beberapa di antarnya yang bisa bertahan lama, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan dalam pedistribusian barang, dimana yang merupakan barang yang tidak tahan lama
haruslah di distribusikan dengan cepat dan tepat waktu.
/>
3. Faktor Permintaan
Pasar
Pasar
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Faktor permintaan pasar sangat mempengaruhi distrbusi suatu barang, karena jika permintaan pasar banyak maka tentu akan terjadi
distribusi yang berkelanjutan, sebaliknya semakin kecil permintaan pasar bisa menghambat proses distribusi di masa depan.
distribusi yang berkelanjutan, sebaliknya semakin kecil permintaan pasar bisa menghambat proses distribusi di masa depan.
4. Faktor Jumlah
Penduduk
Penduduk
/>
Semakin padat suatu penduduk di suatu daerah, tentu akan memanbah volume
distribusi suatu barang di daerah dan tentu semakin komersil juga daerah tersebut karena ada nilai ekonimis yang tinggi.
distribusi suatu barang di daerah dan tentu semakin komersil juga daerah tersebut karena ada nilai ekonimis yang tinggi.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">5. Faktor Luas Suatu Daerah
Semakin
luas suatu daerah jika tidak di imbangai dengan sarana prasarana yang memadai serta jumlah penduduk yang seimbang maka akan menjadi hambatan bagi pendistribusian suatu barang.
luas suatu daerah jika tidak di imbangai dengan sarana prasarana yang memadai serta jumlah penduduk yang seimbang maka akan menjadi hambatan bagi pendistribusian suatu barang.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Sebaliknya semakin luas suatu daerah namun di imbangi dengan sarana yang memadai serta jumlah penduduk yang luas, maka akan menjadi market pendistribusian yang potensial bagai para
produsen.
produsen.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Tujuan Distribusi
Dari uraian di atas sudah sangat jelas, bahwa tujuan dari distribusi adalah untuk menjamin kelangsungan suatu bisnis, karena dengan distribusi yang bejalan lancar maka tentu akan menjamin kelancaran dari
suatu usaha itu sendiri.
suatu usaha itu sendiri.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Itulah mengapa, bagian pemasaran disuatu perusahaan biasanya merupakan posisi yang sangat penting, karena merupakan ujung tombak dari
kelangsungan suatu perusahan.
kelangsungan suatu perusahan.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Gak terbayangkan jika sudah susah payah membuat begitu banyak produk namun tidak tersalurkan, pastilah akan mengalami suatu
kerugian.
kerugian.
class="tr_bq">Artikel terkait : href="https://www.tresna.me/2017/10/manajemen-pemasaran.html">Pengertian manajemen pemasaran
Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli
Selanjutnya, tak lengkap rasanya kalau kita tidak menghadirkan juga pendapat pendapat dari para ahli terkait mengenai arti distribusi ini, berikut pengertian distribusi menurut para ahli :
/>
1. Menurut Alama
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Distribusi adalah sekumpulan lembaga yang terhubung satu sama lainnya dalam rangka melakukan kegiatan penyaluran barang dan jasa sehingga
tersedia untuk digunakan oleh para konsumen.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">2. Menurut Glenn Warter
Distribusi adalah sekelompok
pedagang dan agen yang mengkombinasikan antara nama dari suatu produk dengan pemindahan fisik sehingga terciptanya kegunaan bagi pasar tertentu.
3. Menurut Amrican Marketing
Asociation
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Distribusi adalah Stuktur organiasi dalam suatu perusahaan dan juga luar perusahaan yang terdiri dari dealer, agen, pedagang besar,
pengecer, melalui sebuah komuditi yang di pasarkan.
/>
/>
1. Menurut Alama
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Distribusi adalah sekumpulan lembaga yang terhubung satu sama lainnya dalam rangka melakukan kegiatan penyaluran barang dan jasa sehingga
tersedia untuk digunakan oleh para konsumen.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">2. Menurut Glenn Warter
Distribusi adalah sekelompok
pedagang dan agen yang mengkombinasikan antara nama dari suatu produk dengan pemindahan fisik sehingga terciptanya kegunaan bagi pasar tertentu.
3. Menurut Amrican Marketing
Asociation
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Distribusi adalah Stuktur organiasi dalam suatu perusahaan dan juga luar perusahaan yang terdiri dari dealer, agen, pedagang besar,
pengecer, melalui sebuah komuditi yang di pasarkan.
/>
Pelaku Distribusi
Yang terakhir adalah pelaku distribusi, yang terdiri dari :
1.
Produsen
Produsen
Yang merupakan aktor utama dari mata rantai distribusi dimana mereka menciptakan suatu barang untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang kemudian di salurkan kepada
agen.
Produsen disini bisa perusahaan ataupun perseorangan seperti petani misalnya, juga bisa dikatakan sebagai produsen, karena mereka menghasilkan sayur sayuran dari yang mereka
tanam sendiri, yang kemudian mereka jual kepada pengepul ataupun langsung kepada konsumen.
/>2. Agen
Adalah perusahaan ataupun
perorangan yang menjadi penyalur barang dari produsen ke pedagang, dimana keuntungan yang mereka dapat bisa berupa komisi dari pihak produsen ataupun markup harga yang tidak terlalu besar namun pemasarannya dalam jumlah yang
besar.
3. Pedagang
/>Merupakan pelaku saluran distribusi langsung dengan konsumen dan bebas menentukan harga jual sesuai
dengan keadaan pasar dan keadaan ekonomi dan geografis suatu daerah.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">4. Exportir
Merupkan pelaku distribusi yang menyalurkan barang atau jasa dari dalam negeri ke
luar negeri.
5. Importir
/>Merupakan pelaku saluran distribusi pemasaran yang menyalurkan barang dari luar negeri ke konsumen
dalam negeri.
Demikianlah pembahasan kita tentang pengertian distribusi berikut tujuan faktor dan saluran mata rantainya, semoga bermanfaat.
class="tr_bq">Baca juga : href="https://www.tresna.me/2017/10/cara-promosi-online-yang-salah.html">Cara promosi online yang justru berbahaya bagi kelangsungan bisnis
Demikianlah Artikel Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya
Sekianlah artikel Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Ini Pengertian Distribusi, Berikut Tujuan, Faktor Dan Saluran Mata Rantainya dengan alamat link https://jpmpay.blogspot.com/2019/01/ini-pengertian-distribusi-berikut.html
Tags:
Pemasaran