Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya - Hi, sahabat JPM PAY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Pemasaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya
link : Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya
branding ini jika dilihat dari segi
bahasa, maka memiliki makna yang sangat jauh berbeda dari pengertian sesunnguhnya, karena Branding itu berasal dari bahasa inggris yakni Brand yang berarti merek.
/>
/>
/>
/>
Hal Hal
/>
Tujuan
Anda sekarang membaca artikel Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya dengan alamat link https://jpmpay.blogspot.com/2019/02/pengertian-branding-menurut-para-ahli.html
Judul : Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya
link : Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya
Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya
href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi44veC2kKYxyfyrsGTYscYCvQWZsEsdBjs9Qm_IZ8stMyw9acj5QTAfhx9eMByaafP2DloDGTQKsW-NoO1S45gVmF_Mqf42oNZYWBIwEmyhrM_hXx3ZTY_u8y5D9Qie8jqa-G-By6B/s1600/branding.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right:
1em;">
src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi44veC2kKYxyfyrsGTYscYCvQWZsEsdBjs9Qm_IZ8stMyw9acj5QTAfhx9eMByaafP2DloDGTQKsW-NoO1S45gVmF_Mqf42oNZYWBIwEmyhrM_hXx3ZTY_u8y5D9Qie8jqa-G-By6B/s1600/branding.jpg" />
1em;">
branding ini jika dilihat dari segi
bahasa, maka memiliki makna yang sangat jauh berbeda dari pengertian sesunnguhnya, karena Branding itu berasal dari bahasa inggris yakni Brand yang berarti merek.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
Sedangkang pengertian branding adalah segela upaya komunikasi dari seseorang maupun perusahaan untuk memperkenalkan suatu merek sehingga menjadi besar dan di kenal oleh
masyarakat.
masyarakat.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Atau dengan kata lain pengertian branding adalah suatu proses untuk membangun citra ataupun kredibilitas di mata konsumen
ataupun target pasar sehingga jika nanti citra itu sudah terbentuk, maka apapun yang berkaitan dengan merek ataupun personality akan mendapatkan kepercayaan lebih dalam masyarakat.
ataupun target pasar sehingga jika nanti citra itu sudah terbentuk, maka apapun yang berkaitan dengan merek ataupun personality akan mendapatkan kepercayaan lebih dalam masyarakat.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
Dimana didalam penerapannya, branding ini sendiri tidak terbatas hanya terhadap suatu brand image suatu produk saja, melainkan bisa juga terhadap suatu personality,
perusahaan, lingkungan dll.
perusahaan, lingkungan dll.
/>
Sehingga terciptalah beberapa jenis branding
:
:
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">1. Product Branding
/>
Yakni suatu proses untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk atau merek tertentu
merupakan produk yang berkualitas sangat baik di bandingkan produk produk pesaing lainnya.
merupakan produk yang berkualitas sangat baik di bandingkan produk produk pesaing lainnya.
Contohnya seperti : Nike dan Adidas
merupakan salah satu product branding yang sangat terkenal dan memiliki citra yang baik di masyarakat, sehingga cenderung lebih diminati dari pada mereka sepatu lainnya.
merupakan salah satu product branding yang sangat terkenal dan memiliki citra yang baik di masyarakat, sehingga cenderung lebih diminati dari pada mereka sepatu lainnya.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
2. Pesonal Branding
Dalam hal ini proses pembangunan citra
terkait personality seseorang sehingga mereka mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat, bisanya pesonal beranding ini erat kaitannya dengan public pigure, musisi, artis, poitisi, blogger
dll.
terkait personality seseorang sehingga mereka mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat, bisanya pesonal beranding ini erat kaitannya dengan public pigure, musisi, artis, poitisi, blogger
dll.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">3. Corporate Branding
Corporate Branding ini terkait erat dengan citra suatu perusahaan di pasar terkait segalalu sesuatu yang mereka hasilkan atuu merke kontribusikan terhadap masyarakat dan lingkungan, termasuk juga para
karyawannya.
karyawannya.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">4. Geographic Branding
Merupakan penciptaan keterkaitan suatu produk terhadap daerah tertenu, sehingga apalagi di sebutkan daerah tertentu maka otomatis akan mengingatkan terhadap suatu
produk
produk
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Misalnya seperti makanan khas suatu daerah, kerjinan tangan daerah dll.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
5. Cultural Branding
Merupakan proses penciptaan image yang baik
terhadp budaya dari suatu daerah ataupun negara tertentu di mata regional maupun internasional.
terhadp budaya dari suatu daerah ataupun negara tertentu di mata regional maupun internasional.
Pengertian Branding Menurut Para Ahli
1. Menurut
Janita
Janita
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Branding adalah ide, kata, grafis maupun suara yang menggambarkan produk atau jasa dan juga perusahaan dari produk jasa
tersebut.
tersebut.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">2. Menurut Kolter Dan Amstrong
Definisi branding adalah suatu janji penjual, untuk menyampaian manfaat , sifat ataupun jasa secara konsisten terhadap pembeli.
3. Menurut Landa
/>
Arti branding adalah lebih dari sekedar merek dagang dari suatu produk,
melainkan berkaitan dengan erat dengan citra, kredibiitas,karakter dan persepsi yang terbentuk di benak konsumen.
melainkan berkaitan dengan erat dengan citra, kredibiitas,karakter dan persepsi yang terbentuk di benak konsumen.
4.
Menurut Setiadi
Menurut Setiadi
/>
Branding adalah keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang di bentuk
oleh proses informasi dari berbagai sumber yang berlangsung setiap waktu.
oleh proses informasi dari berbagai sumber yang berlangsung setiap waktu.
Hal Hal
Yang Berkaitan Untuk Pembentukan Branding
Nah, dalam pembentukan branding ini
tentu tidak bisa terjadi begitu saja, karena di perlukan waktu dan hal hal pendukung agar proses branding bisa berjalan dengna baik. Dan dalam hal ini hal hal yang di perlukan adalah.
tentu tidak bisa terjadi begitu saja, karena di perlukan waktu dan hal hal pendukung agar proses branding bisa berjalan dengna baik. Dan dalam hal ini hal hal yang di perlukan adalah.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
1. Merek Dagang / Nama Merek
Ini adalah unsur terpenting di dalam
proses branding, karena hal inilah yang akan menjadi pembeda sekaligus identitas utama kita yang akan di kenal oleh masyarakat nantinya.
proses branding, karena hal inilah yang akan menjadi pembeda sekaligus identitas utama kita yang akan di kenal oleh masyarakat nantinya.
2. Logo / Lambang (bendera. logotype. monogram )
Selanjutnya yang tak kalah penting untuk
membangun branding adalah logo yang unik dan menarik yang menggambarkan dari produk ataupun jasa kia tersebut.
membangun branding adalah logo yang unik dan menarik yang menggambarkan dari produk ataupun jasa kia tersebut.
3.
Tampilan Visual
Tampilan Visual
/>
Di dalam hal ini juga sangat berperan penting dalam pembentukan
branding, karena tampilan visual yang bagus ( berupa kemasan yang menarik, desain produk, desain bangunan dll) akan semakin menggambarkan kredibilitas kita di mata masyarakat.
branding, karena tampilan visual yang bagus ( berupa kemasan yang menarik, desain produk, desain bangunan dll) akan semakin menggambarkan kredibilitas kita di mata masyarakat.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
4. Slogan
Selanjutnya juga di perlukan slogan yang
singkat padat dan mudah di ingat namun menggambarkan profesionalitas kita.
singkat padat dan mudah di ingat namun menggambarkan profesionalitas kita.
Tujuan
Dan Manfaat Dari Branding
Untuk tujuan dam manfaat dari branding diantarnya
adalah :
adalah :
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">1. Membentuk persepsi positif yang menimbulkan kepercayaan masyarakat
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">
2. Membangun cinta atau fanatik terhadap brand
3. Sebagai pemdeda dari merek
lainnya
lainnya
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Dalam hal ini jika branding sudah terbentuk maka produk kita akan mudah di bedakan dengan produk lainnya yang
sejenis
sejenis
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">4. Bisa mengendalikan pasar
Suatu
brand yang kuat bisa dengan mudah mengendalikan pasar karena sudah sangat di percaya oleh konsumen
brand yang kuat bisa dengan mudah mengendalikan pasar karena sudah sangat di percaya oleh konsumen
5. Sarana Promosi Yang
Kuat
Kuat
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Branding juga merupakan sarana promosi yang kuat dan efektif jika dilakukan secara
konsisten
konsisten
Contoh Branding Di Dalam Dunia Bisnis
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Coba kita perhatikan betapa banyak penjual martabak diseluruh kota di indonesia? sangat banak bukan? banyak di antar
mereka yang hanya menjalankan bisnis martabak dengan mengandalkan lokasi yang strategis saja tanpa memikirkan proses branding.
mereka yang hanya menjalankan bisnis martabak dengan mengandalkan lokasi yang strategis saja tanpa memikirkan proses branding.
Alhasil
usaha mereka mungkin bisa berjalan, namun tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena hanya mengandal proses pemasaran secara langsung.
usaha mereka mungkin bisa berjalan, namun tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena hanya mengandal proses pemasaran secara langsung.
Berbeda dengan mereka yang jualan martabak dengan cara membangun branding dari awal. Kita sebut saja seperti martabak " Markobar" milk putra presiden
jokowi.
jokowi.
style="font-family: "arial" , "helvetica" , sans-serif;">Dengan menciptakan nama merek. logo, serta kemasan yang menarik dan juga memanfaatkan promosi digital dan visual. alhasil
martabak " Markobar" bisa dengan cepat di kenal oleh masyarakat dan lebih mendatangkan keuntungan yang berlipat tentunya
martabak " Markobar" bisa dengan cepat di kenal oleh masyarakat dan lebih mendatangkan keuntungan yang berlipat tentunya
Itulah salah
satu contoh dan manfaat dari branding dalam bisnis, jika kita lakukan dengan baik, maka akan memberikan hasil yang maksimal.
satu contoh dan manfaat dari branding dalam bisnis, jika kita lakukan dengan baik, maka akan memberikan hasil yang maksimal.
Demikianlah Artikel Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya
Sekianlah artikel Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pengertian Branding Menurut Para Ahli Beserta Contoh Dan Manfaatnya dengan alamat link https://jpmpay.blogspot.com/2019/02/pengertian-branding-menurut-para-ahli.html
Tags:
Pemasaran