Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya

Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya - Hi, sahabat JPM PAY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pemasaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya
link : Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya

Baca juga


Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya


Apa yang di maksud dengan
Segmentasi Pasar ? Segmentasi pasar adalah? pengertian segmentasi pasar apa ya?, petanyaan tentang segmentasi pasar seperti ini seringkali saya dengar di kalangan mahasiwa ataupun mereka yang sedang melakukun
riset pemasaran untuk bisnis mereka.


face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Untuk itulah pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk membahas secara lengkap tentang pengertian segmentasi pasar lengkap beserta
contoh segmentasi pasar yang ada di lingkungan kita dan tujuan dari segmentasi pasar yang dilakukan oleh mereka.

Jadi Pengertian Segmentasi Pasar Adalah?

href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjk7sNi1PQcPZ6ilorf3IyECmNo8Lc462-t72faz7hfHw9iCP1yq8lp5TFKqy6pZ4-MTKuO04kfa_6wB5r4w_NYl9iT8F2wUyB4ESlR-_2Bvvli4It9kqsm4lr_E8fJKg9q3yAtJhB/s1600/segmentasi+pasar.jpg" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> alt="segmentasi pasar adalah" border="0" data-original-height="300" data-original-width="600"
src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjk7sNi1PQcPZ6ilorf3IyECmNo8Lc462-t72faz7hfHw9iCP1yq8lp5TFKqy6pZ4-MTKuO04kfa_6wB5r4w_NYl9iT8F2wUyB4ESlR-_2Bvvli4It9kqsm4lr_E8fJKg9q3yAtJhB/s1600/segmentasi+pasar.jpg" title="segmentasi pasar adalah" />
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Ok, sebelum
kita bahas lebih dalam tentang segmentasi pasar, maka tentu kita harus mengertahui pengertian dari segmentasi pasar itu sendiri, agar kita bisa memahaminya dengan lebih mudah.


face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Dan untuk itu maka harus kita bedah dari asal kata segmentasi pasar itu sendiri yang berasal dari (kata Segmen yang
berarti = Bagian, golongan, atau daerah yang di batasi) dan (kata pasar yang berarti = Tempat melakukan jual beli, atau daerah yang menjadi target penjualan).

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Jadi segmenatasi pasar adalah pembagian pasar menjadi kelompok kelompok tertentu yang di sesuaikan dengan
karakteristik, perilaku konsumen yang ada di pasar tersebut.

Atau bisa kita artikan juga
sebagai proses pengidentifikasian, ataupun proses riset perbedaan prilaku konsumen yang terjadi di suatu pasar sebagai bahan evaluasi agar proses pemasaran produk yang dilakukan nanti tepat sasaran yang tentunya akan menunjang
kesukesan suatu bisnis.


Contoh Segmentasi Pasar

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Agar pemahaman sahabat lebih jelas, berikut ini saya berikan contoh beberapa segmentasi pasar dari produk produk yang ada di
indonesia.


Segmentasi pasar dari aqua

Siapa yang tidak kenal
produk yang satu ini? kalau sahabat jeli dalam mentelaah, maka segmentasi pasar yang di tunjukan aqua sangatlah jelas, diantarnya :


Secara umum : aqua menyasar segmentasi pasar orang
orang yang super sibuk dan memiliki mobilitas tinggi namun tetap ingin mepunyai gaya hidup sehat, hal ini bisa kita lihat dari kemasan aqua mudah di bawa kemana saja dan dimana saja.

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Untuk
segementasi wilayah, aqua menyasar seluruh wilayah indonesia, karena memang tidak hanya masyarakat di kota saja, di pedasaanpun kita sudah banyak orang orang milineal yang lebih menyukai sesuatu yang instan dan
praktis.


Untuk segmentasi demografi aqua menyasar semua kalangan, karena memang akua bisa di
konsumsi siapa saja baik itu laki laki, perempuan, tua maupun muda.


face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Sedangkan untuk segemtasi psikologis, segmentasi pasar aqua menyasar kelas menengah keatas yang memang lebih memperhatikan asupan makanan
dan minuman yang mereka konsumsi.

Dengan segmen pasar yang sangat jelas seperti ini terbukti promosi produk aqua sangat efektif dan sekarang
menjadi icon minuman mineral pertama di indonesia



style="text-align: left;">Segmen Pasar Dari Sepeda Motor Matic
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Contoh lain bisa kita lihat juga segmentasi pasar dari sepeda motor matic, yang secara umum menyasar mereka yang ingin lebih praktis
dalam berkendara, karena tidak perlu menggunakan gigi layaknya sepeda motor biasanya.
/>
Secara psikologis : sepeda motor matik menyasar kelas menengah keatas, karena memang
harga sepeda motor yang cukup tinggi.
/>
Secara demografi segmen pasar dari sepeda motor matic adalah kalangan anak muda dan
generasi milenial yang ingin tampil lebih trendi dan moderen.
/>
Sedangkan secara geografi segmen pasar sepeda motor matic menyasar semua wilayah di
indonesia.

Segmentasi Pasar Iphone (apple )

cellpadding="0" cellspacing="0" class="tr-caption-container" style="margin-left: auto; margin-right: auto; text-align: center;">
4 dasar segmentasi pasar src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcHDdz6HeBT-ON4IPYRWU0APyQdcEquPesPUD1OrxUbmmqbjxa51RpETSbbDkoD5cdRix7fOVS2vPfmGe97tY_emygs4ic6mkSrz_KFtmV_AAJcbf9Myzhhc-NnAflYSfsjmKyNzh1/s1600/segmentasi+pasar+iphone.jpg" title="4 dasar segmentasi pasar"
/>
Baca
juga : Pengertian Branding Menurut Para Ahli
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Mari kita
perhatikan juga segmentasi pasar dari iphone ataupun apple, yang secara psikologi menyasar kalangan atas dan para pebisnis.

Serta secara geografi segmen
pasarnya lebih mengarah ke negara negara eropa yang meiliki perekonomian lebih baik dari asia.

Serta secara domografi segmen pasar dai apple adalah
kalangan executive dan para pengusaha, pejabat dan kalangan atas lainnya.

/>Sehingga apple selalu berusaha menyediakan produk dengan kualitas NO 1 meskipun dengan harga yagn bisa di bilang mahal untuk kalangan bawah. namun href="https://www.kerjaonline.my.id/2017/10/cara-memasarkan-produk.html">pemasaran produk seperti inipun terbukti berhasil.

Tujuan Segmentasi Pasar

Dari pengertian dan contoh segmentasi diatas maka
sangat jelas tujuan dari segmentasi pasar adalah.
/>
Agar bisa mengukur secara pasti target pasar yang akan kita tuju yang selanjutnya akan
di tindak lanjuti dengan pemilihan produksi apakah harus dilakukan secara masal ( untuk target pemasaran umum ) ataukah hanya memasarkan untuk kalangan tertenu yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang
berbeda.

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Tujuan lain dari segmentasi pasar adalah agar pemasaran bisa lebih terarah yang menghindari terjadi kerugian dan memperbesar kemungkinan
untuk memperoleh laba yang cukup tinggi.

style="text-align: left;">Manfaat Segmentasi Pasar
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Untuk manfaat segmentasi pasar sendiri juga sudah jelas antara lain
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
1. Produsen lebih memiliki kesempatan kesempatan yang lebih baik dalam memilih pemasaran yang akan di lakukan, karena sudah mengetahui secara menyeluruh tentang prilaku konsumen yang akan menjadi target
pemasaran.

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">2. Produsen dalam mengatur produk lebih baik dan lebih efisien di sesuaikan dengan yang sudah mereka rencanakan
sebelumnya.

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">3. Produsen dapat mengalokasikan anggaran dengan lebih tepat berbekal dari pengetahuannya terhada dari respon dari perliaku pasar yang
berbeda beda.

Cara Melakukan Segmentasi Pasar

Nah setelah kita mengetahui lebih jauh tentang apa itu segmentasi pasar, maka tidak lengkap rasanya kalau kita tidak jabarakan juga bagaimana tahapan tahpan untuk melakukan
segementasi pasar agar bisa melakukannya baik dengan benar..
/>
Nah berikut ini tahapan tahapan dalam melakukan segmentasi
pasar:

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">1. Tahap Pengamatan Secara Langsung

Dalam hal
ini kita harus memiliki team khusus yang bisa melakukan pengamatan secara langsung di lokasi pasar yang menjadi target pasar kita.

Pengamatan disini bisa
dengan cara melakukan survei dan wawancara terhadap pedang serta pembeli yang ada di wilaya tersebut. Bisa juga dengan memanfaatkan data data penting seperti tingkat pendidikan masyarakat, gaya hidup , serta adat istiadat yang
ada di daerah tersebut.

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Tahapan ini sangatlah penting, maka tak heran jika ada beberapa perusahaan yang bahkan menggunakan jasa konsultan dengan mendapatkan data
segmentasi pasar yang benar benar valid.
/>
Diantara hal hal yang harus diamati adalah
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
  • face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">apakah wilayah tersebut mudah di akses dan tidak rawan bencana alam serta apakah wilayah tersebut termasuk perkotaan atau
    pedesaan
  • TIngkat ekonomi masyarakat serta kelas sosial yang ada di daerah
    tersebut
  • Serta pengamatan mengenai respon konsumen terhadap produk
    tertentu

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">2. Tahap Analisis Data Yang Di Dapat

Setlah
tahap pengamatan secara langsung tentu harus ada analisis data yang di dapat, yang tentu harus didiskusikan dengan pihak pihak terkait untuk melakukan analisis dan evaluasi terhadap data yang sudah
didapat.

3. Tahap Realisasi Segmentasi Pasar

face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">Taha terakhir tentu adalah realisasi terhadap segemntasi pasar, dimana di tahap ke 3 ini kita sudah mengetahui perbedaan prilaku pasar,
serta target pasar yang akan kita pilih untuk selanjutnya melakukan produksi dan pemasaran produk yang akan di pasarkan.
face=""arial" , "helvetica" , sans-serif">
Demikianlah pembahasan kita tentang segmentasi pasar secara lengkap, semoga bisa menambah pengetahuan dan memberikan pencerahaan tentang pertanyaan sahabat selama
ini.

style="text-align: left;">Materi lainnya silahkan sahabat baca : href="https://www.tresna.me/2017/10/manajemen-pemasaran.html" target="_blank">Pengertian manajeman pemasaran menurut para ahli



Demikianlah Artikel Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya

Sekianlah artikel Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Segmentasi Pasar Adalah? Berikut Pengertian, Tujuan Beserta Contohnya dengan alamat link https://jpmpay.blogspot.com/2019/06/segmentasi-pasar-adalah-berikut.html
JPM PAY

JPMPAY adalah Aplikasi KeAgenan Digital untuk Mitra usaha Melakukan pembelian Pulsa murah, paket data,token listrik PLN,pembayaran tagihan PLN ,pembayaran PDAM,pembayaran cicilan Motor,asuransi,BPJS,tagihan telpon,tagihan Tv berlanganan,pesan tiket,top up uang electronik emoney dan pembayaran lainya. Aplikasi Pulsa
Distributor Pulsa
Pulsa Murah

Lebih baru Lebih lama